Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Tema panas dan Perpindahannya Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan.

M Yusriadi, - (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Tema panas dan Perpindahannya Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M Yusriadi, (2021) : Penerapan Metode Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Tema panas dan Perpindahannya Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik melalui metode pembelajaran explicit instruction di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang pendidik dan 13 orang peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan degan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode explicit instruction dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes pemahaman konsep peserta didk sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 55,76 dengan ketegori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 71, 92 dengan kategori cukup. Dan meningkat pada siklus II menjadi 85 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode explicit instruction daat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada tema panas dan perpindahannya kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Penyasawan Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Metode Explicit Instruction, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2021 09:02
Last Modified: 27 Jul 2021 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52185

Actions (login required)

View Item View Item