Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI BUDAYA NINIAK MAMAK MINANGKABAU DALAM MEMPERTAHANKAN ADAT BAJU KURUANG BASIBA KEPADA GENERASI MUDA DI NAGARI ANDALEH KABUPATEN 50 KOTA PROVINSI SUMATERA BARAT

Nurfadilla Agustina, Nurfadilla (2021) STRATEGI KOMUNIKASI BUDAYA NINIAK MAMAK MINANGKABAU DALAM MEMPERTAHANKAN ADAT BAJU KURUANG BASIBA KEPADA GENERASI MUDA DI NAGARI ANDALEH KABUPATEN 50 KOTA PROVINSI SUMATERA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)

Abstract

Pesatnya arus informasi media komunikasi di Era Globalisasi ini telah mempengaruhi gaya hidup banyak orang, termasuk dalam berpakaian di daerah minangkabau. Keadaan ini merupakaan tantangan bagi pakaian perempuan Minangkabau, karena dalam konsep etika dan esttetika dalam agama islam. Baju kuruang yang memenuhi ketentuan nilai-nilai adat besandi syara’. Syara’ besandi kitabullah merupakan pedoman hidup orang Minangkabau untuk merawat, melestarikan dan yang paling utama memakainya dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Startegi Komunikasi Budaya Niniak Mamak Minangkabau Dalam Mempertahankan Adat Baju Kuruang Basiba Kepada Generasi Muda Di Nagari Andaleh Kabupaten 50 Kota Provinsi Sumatera Barat. Informan penelitian ini terdiri dari Niniak Mamak Suku Pitopang (Datuak Putiah Nan Panjang), Niniak Mamak Suku Bendang (Datuak Bagindo Bosa), Niniak Mamak suku Piliang (Datuak Marajo Sati), 1 Orang Generasi Muda (Selvi Azzahra), dan tokoh masyarakat (Desfini). Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menghasilkan bahwa dalam mempertahankan adat baju kuruang basiba pada generasi muda, ninik mamak yang berpengaruh di daerah tersebut melakukan beberapa langkah komunikasi yakni: menetapkan komunikator atau sumber yang dianggap mempunyai skill atau yang berpengaruh di daerah/masyarakat tersebut dan mempunyai skill untuk mampu berkomunikasi, menyusun pesan dalam bentuk pemberitahuan sekaligus mengingatkan kepada masyarakat agar selalu mempertahankan adat baju kuruang basiba pada era modern sekarang ini, menetapkan media dan memilih saluran komunikasi yang akan digunakan dalam kegiatan komunikasi dalam mempertahankan kearifan lokal masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Niniak Mamak Minangkabau, Baju Kuruang Basiba
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:38
Last Modified: 23 Jul 2021 07:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52158

Actions (login required)

View Item View Item