Nur’aini, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (894kB) |
||
|
Text
SKRIPSI NUR'AINI.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nur’aini, (2021) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Hasil belajar adalah perubahan perilaku mahasiswa akibat belajar. Perubahan perilaku disebabkan karena dia mencapai penguasaan atas sejumlah bahan yang diberikan dalam proses mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5e berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasy experiments, dengan desain penelitian random group pretes-posttest design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data diperoleh melalui tes soal. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung = 2,060. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel. Ha diterima dan H0 ditolak. Berarti Ha terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 5E berbantu peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Adapun nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen 80,89, sedangkan kelas kontrol sebesar 76,20. Besarnya pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi laju reaksi di SMA Swasta Bina Siswa Rokan Hilir dengan penggunaan model learning cycle 5e dengan bantuan peta konsep adalah sebesar 9,8 %. Kata Kunci: Model Pembelajaran Leraning Cycle 5e, Peta Konsep, Hasil Belajar, Laju Reaksi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 10:16 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 10:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52114 |
Actions (login required)
View Item |