Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 004 Dusun Tua.

Hesti Ningsih, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 004 Dusun Tua. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hesti Ningsih, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 004 Dusun Tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama siswa pada tema lingkungan sahabat kita muatan pelajaran IPS melalui penerapan model concept sentence kelas V SDN 004 Dusun Tua. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya kemampuan kerjasama siswa dikarenakan masih banyak siswa yang kurang berkontribusi dalam pembelajaran berkelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa kelas V SDN 004 Dusun Tua. Sedangkan objeknya adalah penerapan model concept sentence dan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa metode concept sentence dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan hanya mencapai 43% yang berada pada rentang 30-49% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, kemampuan kerjasama siswa meningkat menjadi 77,5%% yang berada pada rentang 70-89% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 90,5%% yang berada pada rentang 90-100% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model concept sentence dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada tema lingkungan sahabat kita muatan pelajaran IPS . Kata Kunci :Model Concept Sentence, Kerjasama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2021 04:02
Last Modified: 22 Jul 2021 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51992

Actions (login required)

View Item View Item