Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA MENGGUNAKAN INSTRUMENT FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST

WIDYA NOVITA, - (2021) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA MENGGUNAKAN INSTRUMENT FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WIDYA NOVITA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Widya Novita (2021): Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Termokimia Menggunakan Instrument Four-Tier Diagnostic Test Miskonsepsi merupakan kesalahan siswa dalam memahami konsep secara benar. Materi Termokimia merupakan salah satu materi kimia SMA yang berpotensi menyebabkan miskonsepsi dan mengalami kesalahan konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya miskonsepsi siswa dan penyebabnya, serta mengetahui persentase miskonsepsi siswa pada materi termokimia yang diukur dengan menggunakan Instrumen Four-Tier Diagnostic Test. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dan XII MAN 1 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Four-Tier Diagnostic Test, observasi, wawanvara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi termokimia kelas XI sebesar 4%, sedangkan kelas XII sebesar 13%. Miskonsepsi terjadi pada semua konsep, pada kelas XI Sebanyak 3,6% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep awal termokimia, 3,1% siswa miskonsepsi pada konsep memberi contoh tentang reaksi eksoterm dan endoterm, 6,3% siswa miskonsepsi pada konsep menghitung entalphi dan perubahan entalphi serta persamaan termokimia dan diagram energy, sedangkan pada kelas XII Sebanyak 19,7% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep awal termokimia, 13,4% siswa miskonsepsi pada konsep memberi contoh tentang reaksi eksoterm dan endoterm, 2% siswa miskonsepsi pada konsep menghitung entalphi dan perubahan entalphi serta persamaan termokimia dan diagram energy. Faktor penyebabab terjadinya miskonsepsi pada siswa lebih didominasi oleh penalaran siswa yang kurang baik dan rendahnya kemampuan siswa dalam memahami dan mengingat materi. Kata Kunci: Miskonsepsi, Four-Tier Diagnostic Test, Termokimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2021 07:25
Last Modified: 21 Jul 2021 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51943

Actions (login required)

View Item View Item