ZHA ZHA NOVPINTRIWASIH, - (2021) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PADA PELAKSANAAN JASA ENDORSMENT PRODUK KECANTIKAN DI MEDIA SOSIAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
Abstract
ZHA ZHA NOVPINTRIWASIH (2021) : TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PADA PELAKSANAAN JASA ENDORSMENT PRODUK KECANTIKAN DI MEDIA SOSIAL Berkembangnya media informasi di Indonesia membuat para pebisnis semakin berkreasi dalam memajukan bisnisnya, salah satunya dengan media sosial. Bisnis online adalah suatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk ditawarkan melalui media internet mulai dari negoisasi hingga kegiatan transaksi tanpa harus bertatap muka dengan customer. Dalam bisnis online diperlukan strategi-strategi pemasaran dengan cara mengiklankan hasil produknya di media sosial. Strategi tersebut salah satunya yaitu dengan cara endorsement. Penelitian skripsi ini membahas tentang pelaksanaan jasa endorsement yang dilakukan oleh pelaku endorser dalam melaksanakan promosi yang telah dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan bisnis online pada era globalisasi. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran dengan menggunakan jasa endorsement pada online shop Anda_Beauty.id dan bagaimana tinjauan Fiqh Muamalah terhadap strategi pemasaran dengan menggunakan jasa endorsement pada online shop Anda_Beauty.id. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dengan menggunakan jasa endorsment pada online shop Anda_Beauty.id. dan untuk mengetahui tinjauan Fiqh Muamalah terhadap strategi pemasaran dengan menggunakan jasa endorsment pada online shop Anda_Beauty.id. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach) yaitu penelitian dilakaukan dalam kehidupan yang sebenarnya menyangkut data yang ada dilapangan, dan sampel yang di jadikan responden dalam penelitian ini sebanyak 20 orang yang terdiri dari 1 orang owner online shop, 1 orang manager Anda_Beauty.id, 2 orang selebriti endorse dan 16 orang konsumen. dengan teknik analisis deskriftif, yaitu suatu metode dalam meneliti suatu kelompok, manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Sumber data ini diperoleh langsung dari lapangan dengan menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian berdasarkan wawancara penulis dengan responden. Adapun tinjauan Fiqh Muamalah terhadap strategi pemasaran melalui jasa endorsement masih terdapat penyimpangan dari segi Fiqh Muamalah, karena masih terdapat celebrity endorser yang kurang jujur saat melakukan kegiatan promosi di media sosial, sehingga konsumen merasa terbohongi dengan produk yang tidak sesuai ekspektasi yang mereka diharapkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 21 Jul 2021 07:40 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 07:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51928 |
Actions (login required)
View Item |