Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PRAKTIK JUAL BELI BARANG BEKAS PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH (Studi Kasus di Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang)

Aini Fitri, - (2021) PRAKTIK JUAL BELI BARANG BEKAS PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH (Studi Kasus di Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AINI FITRI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aini Fitri, (2021) : Praktik Jual Beli Barang Bekas Perspektif Fiqh Muamalah (Studi Kasus di Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang) Penelitian skripsi ini membahas tentang Praktik Jual Beli Barang Bekas Perspektif Fiqh Muamalah (Studi Kasus di Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang). Judul ini penulis angkat dikarenakan dalam praktik jual beli barang bekas yang dilakukan pada masalah ini tidak sesuai dengan syarat-syarat yang ada didalam jual beli barang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli barang bekas di Desa Tarai Bangun dan bagaimana tinjauan Fiqh Muamalah terhadap praktik jual beli barang bekas di Desa Tarai Bangun Penelitian ini adalah penelitian lapangan, adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah dianalisa dengan menggunakan teori metode deskriptif kualitatif. Metode yang menggambarkan atau mengungkapkan fakta yang apa adanya sesuai dengan kenyataan yang diamati, yang ada kaitannya dengan masalah yang dibahas sehingga dapat diambil kesimpulan secara tepat sesuai dengan pokok permasalahan. Dan menurut Madzhab Hanafi, Asy-Syafi’i, Zaid bin Ali, Al- Muayyad Billah dan Jumhur Ahli fiqih. Islam menghargai hak penjual dan pembeli untuk menentukan harga sekaligus melindungi hak keduanya. Pihak penjual berhak menentukan sewajarnya dan pihak pembeli boleh menawar harga barang yang ditawarkan oleh penjual. Setelah melalui proses penawaran dan akhirnya terjadi kesepakatan harga, maka pembeli dapat membayar barang tersebut dengan tunai dan pihak pembeli berhak menerima barang yang telah dibayarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Jul 2021 07:47
Last Modified: 15 Jul 2021 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51432

Actions (login required)

View Item View Item