Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pada Masa Pandemi (Covid-19) Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Syari’ah (Studi Kasus Bumdes Sejahtera Muara Uwai, Kec Bangkinang,Kab Kampar)

Putri Andriani, - (2021) Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pada Masa Pandemi (Covid-19) Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Syari’ah (Studi Kasus Bumdes Sejahtera Muara Uwai, Kec Bangkinang,Kab Kampar). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (26MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Andriani, (2021): Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pada Masa Pandemi (Covid-19) Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Syari’ah (Studi Kasus Bumdes Sejahtera Muara Uwai, Kec Bangkinang,Kab Kampar) Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis mengenai pengelolaan BUMDes Sejahtera dirasa masih kurang dimanfaatkan dengan baik, karena terdapat sebagian masyarakat yang tidak ikut berpartisipasi dalam memajukan, mengelola, dan mengembangkan badan usaha milik desa yang nantinya akan dapat menghambat perekonomian sebuah desa. Sedangkan BUMDes harus dikelola dengan semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian masyarakat pada masa pandemi (Covid-19), untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat BUMDes dalam meningkatkan perekonomi masyarakat pada masa pandemi (Covid-19), untuk mengetahui peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian masyarakat pada masa pandemi (Covid-19) ditinjau dalam perspektif ekonomi syariah Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan studi langsung ke lapangan adapun populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Muara Uwai yang berjumlah 765 KK. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu mengambil sebagaian populasi untuk dijadikan sampel yaitu 88 orang. Dengan teknik pengumpulan data angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian di BUMDes Sejahtera Muara Uwai menunjukkan bahwa BUMDes Muara Uwai telah memberikan kontribusinya kepada masyarakat melalui simpan pinjam, depot air, produksi makanan dan kredit syaria dan juga telah mempu meningkatkan perekonomian dan usaha mereka dibandingkan sebelum mendapatkan pinjaman dana yang diberikan BUMDes Sejahtera Muara Uwai. Adapun tijauan ekonomi syariah sudah menunjukkan bahwa peran BUMDes Sejahtera Muara Uwai sudah berjalan sesuai syariat dengan menerapkan prinsip tolong menolong. Kata Kunci : Peran (Bumdes), Meningkatkan Perekonomian, Masyarakat Masa Pandemi (Covid-19), Perspektif Ekonomi Syari’ah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Jul 2021 02:51
Last Modified: 22 Jul 2021 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51426

Actions (login required)

View Item View Item