Eni Siskowati, - (2021) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS IV SD ISLAM TERPADU RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
SKRIPSI ENI SISKOWATI.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Eni Siskowati, (2021): Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping pada Materi Keberagaman Budaya di Indonesia Kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku saku berbasis mind mapping pada materi keberagaman budaya di kelas IV, mengetahui kevalidan serta respon pendidik maupun peserta didik pada buku saku berbasis mind mapping materi keberagaman budaya di kelas IV. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development. Model pengembangan yang meliputi 10 tahapan meliputi, (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian luas, (9) revisi produk, (10) produksi masal. Kelayakan buku saku berbasis mind mapping sebagai bahan ajar berdasarkan pada instrument penilaian yang berupa angket. Penilaian ahli desain dan ahli materi; dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik dengan adanya buku saku berbasis mind mapping sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Pada uji coba produk, Buku Saku Berbasis Mind Mapping dinilai respon kelayakannya oleh 5 orang pendidik dan 15 peserta didik kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penilaian ahli desain 84,6% dalam kategori Sangat Baik, ahli materi diperoleh skor 92,5% dalam kategori Sangat Baik, respon pendidik dalam uji coba produk diperoleh skor 94% dalam kategori sangat baik dan peserta didik 98,6% dengan kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil validasi buku saku berbasis mind mapping dapat disimpulkan bahwa buku saku berbasis mind mapping layak dikembangkan dan dapat menjadi alternatif pelengkap bahan ajar Kata Kunci: Bahan Ajar, Buku Saku, Mind Mapping, Penelitian Pengembangan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 07:51 |
Last Modified: | 15 Jul 2021 07:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51414 |
Actions (login required)
View Item |