Hekmahdus Sholehah, - (2021) Penerapan Strategi Pembelajaran Debat Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengemukakan Pendapat pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidpan Muatan Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Keranji. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Hekmahdus Sholehah, (2021): Penerapan Strategi Pembelajaran Debat Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengemukakan Pendapat pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidpan Muatan Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Keranji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan muatan pelajaran IPS tentang peristiwa dalam kehidupan melalui penerapan strategi debat aktif kelas V SDN 014 Sungai keranji. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat, yang di antaranya dapat dilihat dari kurang mampunya siswa untuk menyampaikan pendapatnya dengan alasan logis, dan lain-lain. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitiannya satu orang guru dan siswa kelas V SDN 014 Sungai Keranji yang berjumlah 19 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi debat aktif dan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Dari penjaringan data yang telah dilakukan diperoleh data bahwa sebelum tindakan nilai mengemukakan pendapat siswa 16 orang berada pada kategori kurang dengan persentase 84,21% dan 3 orang berada pada kategori cukup dengan persentase 15,79%. Kemudian setelah dilakukan perbaikan menggunakanstrategi debat aktif pada siklus I terdapat 10 orang yang berada pada kategori kurang dengan persentase 52,65%, dan 9 orang yang berada pada kategori cukup dengan persentase 47,36%. Selanjutnya pada siklus II, terdapat 3 orang yang berada pada kategori kurang dengan persentase 15,79%, pada kategori cukup terdapat 14 orang dengan persentase 73,68% dan terdapat 2 orang yang berada pada kategori baik dengan persentase10,52%. Artinya, hasil kemampuan mengemukakan pendapat siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sekolah dan dapat dikatakan bahwa strategi debat aktif dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema 7 muatan pelajaran IPS tentang peristiwa dalam kehidupan di kelas V SDN 014 Sungai Keranji. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dalam mengatasi persoalan yang sama dengan kajian penelitian ini direkomendasikan untuk menerapkan strategi debat aktif. Kata Kunci: Strategi Debat Aktif, Kemampuan Mengemukakan Pendapat SiswA
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 07:39 |
Last Modified: | 15 Jul 2021 07:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51361 |
Actions (login required)
View Item |