RIKA SA’BANIAH, - (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE STORYTELLING TERHADAP NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI TK AS-SHAFLY KECAMATAN GAUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
Abstract
RIKA SA’BANIAH (2021) : PENGARUH PENERAPAN METODE STORYTELLING TERHADAP NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI TK AS-SHAFLY KECAMATAN GAUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR giri Hilir Penelitian dilatar belakangi oleh anak yang merasa bosan, memiliki karakter yang kurang baik dalam perkataan, dan berperilaku kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode storytelling terhadap nilai-nilai karakter pada anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Subjeknya adalah anak di TK As-Shafly Simpang Gaung dengan objek adalah pengaruh penerapan melalui metode storytelling terhadap nilai-nilai karakter pada anak usia dini. Populasinya adalah sebanyak 30 anak yang terbagi 15 anak kelas B1 dan 15 anak kelas B2. Teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi yang diuji dengan uji t dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter sebelum penelitian cenderung sama yaitu berada pada kriteria mulai berkembang dengan masing-masing persentase sebesar 43,17% pada kelompok eskperimen dan 44,00% pada kelompok kontrol. Setelah dilakukan eksperimen didapatkan bahwa nilai-nilai karakter kelompok eksperimen mencapai 80,17% lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol yang hanya mencapai 55%. Terdapat perbedaan yang signifikan nilai-nilai karakter pada anak usia dini antara kelompok eksperimen dengan kontrol yang tidak menggunakan penerapan metode storytelling yang terbukti dari nilai thitung>t tabel atau 1,701 < 7,514 > 2,467 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Persentase pengaruh yang diberikan penerapan metode storytelling terhadap nilai-nilai karakter pada anak usia dini berada pada kategori cukup efektif dengan besar pengaruh sebesar 64,90% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Metode Storytelling, Nilai-Nilai Karakter, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 03:36 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 03:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51299 |
Actions (login required)
View Item |