USWATUN HASANAH, - (2021) ANALISIS NEWMAN’S ERROR PENYELESAIAN SOAL-SOAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DAN HABITS OF MIND. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Uswatun Hasanah, (2021): Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal-Soal pada Materi Perbandingan berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis berdasarkan Gaya Kognitif dan Habits of Mind Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis Newman’s error peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi perbandingan berdasarkan gaya kognitif dan habits of mind. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX MTS Fadhilah Pekanbaru. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, teknik angket, dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi perbandingan, soal tes GEFT, angket habits of mind, dan pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi 3 tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesalahan yang dilakukan peserta didik dengan gaya kognitif FD dan FI yaitu kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan notasi; (2) Kesalahan peserta didik HoM kategori tinggi mengalami kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan. Peserta didik dengan kategori HoM sedang dan rendah melakukan kesalahan pada tahap transformasi, keterampilan proses dan penulisan notasi; (3) Peserta didik dengan gaya kognitif FI dan HoM tinggi, tidak menemukan kesulitan. Sedangkan peserta didik dengan gaya kognitif FI dan HoM sedang dan rendah melakukan kesalahan pada tahap transformasi, keterampilan proses dan penulisan notasi. Kesalahan yang dilakukan peserta didik FD dan HoM tinggi dan sedang melakukan kesalahanpada tahap transformasi, keterampilan proses dan penulisan notasi. Sedangkan, peserta didik dengan gaya kognitif FDdan HoM rendah melakukan kesalahan pada tahap memahami, kesalahantransformasi, keterampilan proses dan penulisan notasi. Kata kunci: Analisis Newman’s Error, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Gaya Kognitif, Habits of Mind
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 07:56 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 07:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50756 |
Actions (login required)
View Item |