Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IDENTIFIKASI BANK YANG BERISIKO GAGAL DI INDONESIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN RISK BASED BANK RATING DAN METODE K-MEDOIDS CLUSTERING (Studi Kasus: Bank Riau Kepri)

M. RIFKI ILMI, - (2021) IDENTIFIKASI BANK YANG BERISIKO GAGAL DI INDONESIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN RISK BASED BANK RATING DAN METODE K-MEDOIDS CLUSTERING (Studi Kasus: Bank Riau Kepri). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
[M Rifki Ilmi][11651100944][TanpaBabV].pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
[M Rifki Ilmi][11651100944][Bab-V].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bank merupakan aspek penting dalam menopang perekonomian daerah maupun negara, bahkan pada era industri 4.0 saat ini. Oleh karena itu untuk menjaga kepercayaan masyarakat bank harus memperhatikan tingkat kesehatannya agar tidak menimbulkan krisis. Penilaian tingkat kesehatan kini berdasarkan pendekatan risk based bank rating melalui peraturan PBI Nomor 13/1/PBI/2011 pasal 2 tanggal 5 Januari 2011 sehingga resiko kegagalan dapat diidentifikasi lebih awal. Data yang digunakan untuk menganalisis tingkat kesehatan bank adalah data rasio keuangan yang menggunakan capital adequacy ratio, non performing loan, net interest margin, return on asset, return in equity, dan loan to deposit ratio sebagai parameternya. Penelitian ini menggunakan Algoritma K-Medoids yang bagus dalam melakukan klasterisasi data numerik, kompleks dan tidak besar serta tidak berpengaruh terhadap outliers, hal itu sangat cocok dengan kasus ini. Memilih jumlah cluster menggunakan metode davies-bouldin index validity k terpilih adalah 3 dengan nilai DBI=0,95 dan pengelompokkan yang dilakukan K-Medoids dari data tahun 1995, 1997, dan 2012-2019 dengan total 991 data, hasil menunjukkan bahwa Bank Riau Kepri berada dalam kelompok bank yang baik. Analisa dilakukan per tahun dan menggabungkan seluruh data dengan data bank yang telah dilikuidasi, Bank Riau Kepri tetap berada dalam kelompok yang sama dengan beberapa bank yang baik tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 02 Jul 2021 03:55
Last Modified: 02 Jul 2021 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50484

Actions (login required)

View Item View Item