Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RESPON PERTUMBUHAN DAN HASILSEMANGKA (CITRULLUS LANATUS (THUNB.) MATSUM. & NAKAI.) DENGAN PEMBERIAN BEBERAPA KONSENTRASI ETHEPON

Yudi Krisnawan, - (2021) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASILSEMANGKA (CITRULLUS LANATUS (THUNB.) MATSUM. & NAKAI.) DENGAN PEMBERIAN BEBERAPA KONSENTRASI ETHEPON. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Semangka (Citrullus lanatus (Thunb.) Matsum. & Nakai.) merupakan salah satu komoditas hortikultura yang mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi. Tanaman semangka lebih dominan menghasilkan bunga jantan dibandingkan dengan bunga betina. Oleh karena itu perlu upaya untuk dapat merubah ekspresi seksual bunga semangka. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi semangka adalah dengan pemberian zat pengatur tumbuh ethepon. Penelitian ini bertujuan untuk mencari konsentrasi terbaik ethepon terhadap pertumbuhan dan hasilsemangka. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus sampai November 2020 di lahan Laboratorium UARDS (lahan percobaan) dan Laboratorium Agronomi dan Agrostologi Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Suska Riau. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan dan diulang sebanyak 4 kali. Perlakuan yang diberikan adalah pemberian konsentrasi etheponyang terdiri dari 5 taraf yaitu control (0 ppm), 100 ppm, 200 ppm, 300 ppm dan 400 ppm. Parameter yang diamati adalah panjang tanaman, jumlah daun, saat muncul bunga jantan pertama, saat muncul bunga betina pertama, jumlah bunga jantan, jumlah bunga betina, jumlah buah pertanaman, berat buah pertanaman dan panjang buah. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa pengaplikasian ethepon dengan konsentrasi 100 ppm merupakan konsentrasi terbaik dalam meningkatkan saat muncul bunga jantan pertama, jumlah bunga jantan, jumlah bunga betina, jumlah buah pertanaman dan berat buah pertanaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 30 Jun 2021 03:32
Last Modified: 30 Jun 2021 03:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50351

Actions (login required)

View Item View Item