Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PRODUKSI IKLAN KOMERSIAL LOKAL DI RADIO ADITYA 87,6 FM PEKANBARU

Dita Chairunnisa, - (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PRODUKSI IKLAN KOMERSIAL LOKAL DI RADIO ADITYA 87,6 FM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Dita Chairunnisa Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Komunikasi Produksi Iklan Komersial Lokal Di Radio Aditya 87,6 FM Pekanbaru Iklan komersial lokal merupakan salah satu wadah untuk membantu orang-orang yang memiliki usaha, baik produk maupun jasa dalam lingkup lokal Riau. Proses produksi iklan komersial lokal di Radio Aditya FM terbagi atas 3 kategori. Mulai dari pra produksi, produksi dan pasca produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana strategi komunikasi produksi iklan komersial lokal dan mengetahui syarat syarat pada iklan komersial lokal di Radio Aditya 87,6 FM Pekanbaru. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan teori rancangan iklan televisi yang dikemukakan oleh Muhammad Suyanto pada tahun 2005. Hasil penelitian ini adalah iklan komersial lokal di Radio Aditya FM terdiri dari 2 jenis iklan, yaitu iklan adlibs dan iklan rekaman. Proses produksi iklan adlibs dan rekaman menggunakan 3 tahapan penting, yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi. Strategi dalam proses produksi iklan adlibs yaitu dengan mengisi script menggunakan bridging, lalu memasukkan isi iklan, kemudian memberi gong. Sedangkan untuk iklan rekaman, strategi komunikasi produksi iklannya adalah dengan menambahkan sound effect yang menjelaskan mengenai latar tempat dan waktu, menggunakan talent yang unik dan berbakat, juga menceritakan iklan yang sesuai dengan keadaan masyarakat. Kata Kunci : Penulisan Script, Editing Audio, Iklan Adlibs, Iklan Rekaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Jun 2021 03:31
Last Modified: 26 Jun 2021 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49910

Actions (login required)

View Item View Item