Sri Rahayu, - (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 RIMBA MELINTANG PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI SRI RAHAYU.pdf Download (19MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sri Rahayu, (2021): Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Rimba Melintang pada Materi Relasi dan Fungsi Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya belajar peserta didik pada materi relasi dan fungsi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan metode kualitatif dan menggunakan desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang peserta didik kelas VIII SMP N 1 Rimba Melintang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik Angket, tes dan wawancara yang dilakukan secara online berbantuan media WhatsApp dan Google Form. Adapun instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar, soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis sebanyak 6 soal berbentuk uraian serta pedoman wawancara. Seluruh data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik secara keseluruhan adalah berada pada tingkat sedang dengan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis tertiggi adalah indikator memberikan contoh atau bukan contoh dari konsep yang dipelajari dan yang indikator terendah adalah mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal atau eksternal. Adapun kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki peserta didik bila ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik berada pada kategori sedang. Peserta didik dengan gaya belajar visual hanya mampu dalam menyatakan ulang konsep yang dipelajari, peserta didik dengan gaya belajar audiotrial mampu dalam menyatakan ulang konsep yang dipelajari dan memberikan contoh atau bukan contoh dari konsep yang dipelajari, sedangkan peserta didik dengan gaya belajar kinestetik juga mampu dalam memberikan contoh atau bukan contoh dari konsep yang dipelajari. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Gaya Belajar VAK, Relasi dan Fungsi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 03:19 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 03:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49851 |
Actions (login required)
View Item |