Dinny Khoironi, - (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB COURSE DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA DI KECAMATAN TAPUNG HULU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (847kB) |
||
|
Text
TESIS DINNY KHOIRONI.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dinny Khoironi, (2021): Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Course dan Kemandirian Belajar Terhadap Kreativitas Berpikir pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMA di Kecamatan Tapung Hulu Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran E-Learning berbasis Web Course dan kemandirian belajar terhadap kreativitas berpikir pada pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMA Negeri 3 di Kecamatan Tapung Hulu. Adapun variabel dalam penelitian ini terdiri dari Model E-Learning berbasis Web Course (X), Kemandirian Belajar (X2) dan Kreativitas Berpikir (Y). Penggunaan model ELearning berbasis Web Course yang dilakukan berbantukan google formulir yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp dari Smartphone. Teknik sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling yang diambil dari kelas X MIA dan kelas X IIS dengan jumlah populasi siswa yang beragama Islam sebanyak 120 siswa maka sampel yang diambil sebanyak 50 orang siswa yang beragama Islam. Teknik pengambilan data yaitu angket model pembelajaran E-Learning berbasis Web Course, angket kemandirian belajar, tes dan dokumentasi dengan analisis data uji regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah; Pertama, Terdapat pengaruh yang signifikan model E-Learning berbasis Web Course terhadap kreativitas berpikir siswa dengan nilai t hitung variabel X1 sebesar 2.530 lebih besar dari t tabel = 2.001 maka, Ha1 diterima dan Ho1 ditolak artinya model pembelajaran E-Learning Berbasis Web Course berpengaruh positif terhadap kreativitas berpikir. Kedua, Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap kreativitas berpikir siswa dengan nilai t hitung variabel X2 sebesar 2.173 lebih besar dari t tabel = 2.001 maka, Ha2 diterima dan Ho2 ditolak artinya kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap kreativitas berpikir. Ketiga, Terdapat pengaruh yang signifikan model E-Learning berbasis Web Course dan kemandirian belajar terhadap kreativitas berpikir dengan nilai F hitung simultan sebesar 4.829 lebih besar dari F tabel = 3.199 maka, dapat disimpukan Ha3 diterima dan Ho3 ditolak artinya model pembelajaran E-Learning Berbasis Web Course dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kreativitas berpikir pada pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa di SMA N 3 Tapung Hulu. Kata Kunci: Model E-Learning Berbasis Web Course, Kemandirian Belajar, dan Kreativitas Berpikir
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 07:44 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 07:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49812 |
Actions (login required)
View Item |