Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI-NILAI AKHLAK PADA KISAH ASHHAB ALRASS DALAM AL-QUR’AN

Dwi Eko Syaputra, - (2021) NILAI-NILAI AKHLAK PADA KISAH ASHHAB ALRASS DALAM AL-QUR’AN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWI EKO SYAPUTRA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Nilai-nilai Akhlak pada kisah Ashhab Al-Rass dalam al- Qur’an”. Hal yang terpenting untuk diperhatikan mengenai kisah dalam al- Qur‟an ialah sejauh mana kisah itu mampu dihayati sehingga dapat memberikan nilai-nilai kemaslahatan bagi masyarakat. Salah satu kisah dalam al-Qur‟an yang menarik untuk dikaji adalah kisah Ashhab Al-Rass yaitu kisah tentang umat terdahulu yang mendustakan para nabi dan bahkan mereka membunuh nabi Khanzalah bin shafwan hidup-hidup dengan cara melemparkannya kedalam sumur. Persoalan yang akan di teliti dalam skripsi ini mengenai; 1) Bagaimana kisah Ashhab Al-Rass dalam al-Qur‟an?, 2) Bagaimana nilai-nilai akhlak yang terkandung pada kisah Asshab Al-Rass dalam al-Qur‟an?. Adapun metode penelitian yang nantinya disampaikan dalam skripsi ini adalah dengan langkah metode analisis tematik (maudhu‟i), yakni menafsirkan ayat-ayat yang berkaitan dengan kisah Ashhab Al-Rass dari kitab-kitab tafsir, kemudian menganalisis nilainilai akhlak apa saja yang terkandung dalam kisah tersebut. Adapun hasil dari penelitian ini adalah kisah Ashhab Al-Rass melalui penafsiran Abu Ja‟far Muhammad bin Jarir, Ismail bin Umar bin Katsir al-Quraisyi,Hamka dan Muhammad Quraish Shihab, berdasarkan dari tafsiran empat orang mufassir ini berbeda-beda pendapat mereka mengenai siapa sebenarnya Ashhab Al-Rass, namun penulis hanya menuliskan pendapat yang paling banyak di riwayatakan yaitu Ashhab Al-Rass merupakan umat terdahulu yang mendustakan nabi nya sehingga Allah جل جلاله memberikan balasan azab di dunia sebelum mereka di azab di akhirat kelak, adapun nilai-nilai akhlak mahmudah yang terdapat pada kisah Ashhab Al-Rass adalah jujur, sabar, saling menasehati dan akhlak mazmumah adalah syirik, egois, tamak, dan aniaya. Kata-katakunci: Nilai-Nilai, Akhlak, Kisah, Ashhab Al-Rass, Tafsir Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 24 Jun 2021 02:44
Last Modified: 24 Jun 2021 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49768

Actions (login required)

View Item View Item