Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Prospek Hasil Perkebunan Karet Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Karet Desa Sintong Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir Menurut Ekonomi Syariah.

Meisi Yuslinda, - (2021) Prospek Hasil Perkebunan Karet Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Karet Desa Sintong Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir Menurut Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)

Abstract

ABSTRAK Meisi Yuslinda (2021): Prospek Hasil Perkebunan Karet Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Karet Desa Sintong Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir Menurut Ekonomi Syariah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis tentang harga karet yang menurun drastis selama masa Pandemi Covid-19. Hal inilah yang dikeluhkan petani karet Desa Sintong. Sehingga disusun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana prospek hasil perkebunan karet pada masa Pandemi Covid-19 dan bagaimana kontribusi perkebunan karet dalam meningkatkan kesejahteraan Petani Karet Desa Sintong menurut ekonomi syariah. Jenis penelitian ini tergolong penelitian lapangan. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Sintong Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi lapangan. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 113 orang dan pengambilan sampelnya sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menjawab bahwa pada masa Pandemi Covid-19, masyarakat Desa Sintong lebih fokus kepada perkebunan karet. Karena pekerjaan lain atau di tempat keramaian pada masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini dilarang oleh pemerintahan. Sehingga, hasil perkebunan karet meningkat karena dikelola dengan baik. Desa Sintong juga memiliki kesuburan tanah, kecepatan angin dan curah hujan yang sesuai dan baik bagi pertumbuhan tanaman karet. Berbeda dengan masyarakat lain yang mungkin dirugikan dengan adanya Pandemi Covid-19 ini. Desa sintong pada masa Pandemi Covid-19 memiliki prospek hasil perkebunan karet yang cukup cerah untuk dikembangkan di Desa Sintong. Kontribusi tersebut adalah meningkatnya pendapatan petani, meningkatnya pendidikan keluarga petani, meningkatnya alternatif pengobatan keluarga petani, terbukanya lapangan pekerjaan baru dan adanya tanggung jawab sosial berupa sumbangan/amal. Hal ini sejalan dengan tujuan kesejahteraan menurut ekonomi syariah. Kesejahteraan ekonomi syariah tidak hanya mencakup kesejahteraan individu, tetapi juga kesejahteraan masyarakat dan negara. Kata Kunci : Prospek Perkebunan, Kontribusi dan Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Jun 2021 01:49
Last Modified: 24 Jun 2021 04:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49727

Actions (login required)

View Item View Item