Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP NEGERI 9 TAPUNG DISAAT PANDEMI COVID-19

Yulia Khoirrun Nisa, - (2021) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP NEGERI 9 TAPUNG DISAAT PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Yulia Khoirrun Nisa, 2021: Peran Guru Bimbingan Konseling Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa SMP Negeri 9 Tapung disaat Pandemi Covid-19 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru Bimbingan Konseling meningkatkan self regulated learning siswa disaat pandemi covid-19 dan mengetahui faktor yang mempengaruhi peran guru Bimbingan Konseling dalam meningkatkan self regulated learning siswa disaat pandemi covid-19. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Tapung. Informan penelitian ini adalah stu orang guru bimbingan konseling dan dua orang siswa menjadi informan tambahan. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari wawancara dan dokumentasi. Triangulasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru Bimbingan Konseling sangat berperan penting dalam meningkatkan self regulated learning siswa yaitu dengan mengembangkan bidang bimbingan dan memberikan layanan konseling yang ada didalam konsep bimbingan dan konseling, seperti bidang bimbingan pribadi dan karir menggunakan layanan konseling individu atau layanan konseling kelompok, dimana guru Bimbingan Konseling berperan sebagai konsultan dan fasilitator untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa saat pandemi covid-19. Faktor yang mempengaruhi guru Bimbingan Konseling meningkatkan self regulated learning siswa yaitu masih banyak siswa yang tidak fokus saat belajar, faktor lingkungan berupa lingkungan, lingkungan sosial, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah serta masih banyak siswa yang kurang motivasi saat belajar yang menyebabkan peran guru Bimbingan Konseling meningkatkan self regulated learning tidak terlaksana. Kata Kunci: Peran Guru BK,Pandemi Covid-19,Self Regulated Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:13
Last Modified: 16 Jun 2021 02:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49631

Actions (login required)

View Item View Item