Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbopanjang.

Aria Winata, - (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbopanjang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aria Winata, (2021): Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbopanjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama siswa pada mata pelajaran matematika materi statistika melalui penerapan metode numbered head together kelas IV SDN 028 Rimbopanjang. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya kemampuan kerjasama siswa dikarenakan masih banyak siswa yang kurang berkontribusi dalam pembelajaran berkelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 28 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbopanjang. Sedangkan objeknya adalah penerapan metode numbered head together dan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa metode numbered head together dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan hanya mencapai 42% yang berada pada rentang 30-49% dengan kategori Kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, kemampuan kerjasama siswa meningkat menjadi 66,3% yang berada pada rentang 50-69% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 84% yang berada pada rentang 70-89% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode numbered head together dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada mata pelajaran matematika materi statistika data di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbopanjang. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Numbered Head Together, Kerjasama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Jun 2021 08:05
Last Modified: 04 Jun 2021 08:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49364

Actions (login required)

View Item View Item