Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DARUNNAJAH DURI

AGUSTINA DEWI, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DARUNNAJAH DURI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Agustina Dewi (2021): Pengaruh Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pembelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darunnajah Duri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan berfikir kritis siswa yang belajar ekonomi menggunakan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan (PAIKEM) dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di Madrasah Aliyah Darunnajah Duri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Madrasah Aliyah Darunnajah Duri. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah pengaruh model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan (PAIKEM) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji tes “t” dengan taraf siginifikan 5% (1,688) maka diperoleh bahwa Thitung > Ttabel atau 5,101 > 1,688 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan (PAIKEM) dengan kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci : Pengaruh, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM), Berfikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jun 2021 08:41
Last Modified: 16 Jun 2021 08:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49348

Actions (login required)

View Item View Item