AGUSTINA DEWI, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DARUNNAJAH DURI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Agustina Dewi (2021): Pengaruh Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pembelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darunnajah Duri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan berfikir kritis siswa yang belajar ekonomi menggunakan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan (PAIKEM) dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di Madrasah Aliyah Darunnajah Duri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Madrasah Aliyah Darunnajah Duri. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah pengaruh model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan (PAIKEM) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji tes “t” dengan taraf siginifikan 5% (1,688) maka diperoleh bahwa Thitung > Ttabel atau 5,101 > 1,688 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan (PAIKEM) dengan kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci : Pengaruh, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM), Berfikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 08:41 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 08:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49348 |
Actions (login required)
View Item |