Nurin Adhaini, Nurin (2021) Pemanfaatan Sarana dan Prasarana dalam Menunjang Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bukit Batu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (931kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang Pemanfaatan sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bukit Batu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : Bagaimana Pemanfaatan sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bukit Batu, apa saja Faktor yang menghambat pemanfaatan sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bukit Batu, dana pa saja Upaya yang dilakukan terkait pemanfaatan sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bukit Batu. Dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa pemanfaatan sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran sudah berjalan cukup baik, namun masih ada beberapa kerusakan dan kekurangan sarana dan prasarana yang harus dilengkapi oleh sekolah. Hambatan yang ditemukan terkait dengan Pemanfaatan sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bukit Batu adalah ada beberapa sarana dan prasarana belajar yang rusak dan tidak bisa dipakai seperti kerusakan komputer untuk pembelajaran TIK, ada beberapa kursi dan meja yang rusak dan kerusakan jendela ruangan kelas. Juga terdapat kekurangan sarana dan prasarana belajar seperti kekurangan sarana belajar di Laboratorium IPA, kekurangan peralatan olahraga, dan kekurangan lapangan untuk berolahraga. Upaya yang dilakukan sekolah terkait dengan Pemanfaatan sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bukit Batu yaitu mendatangkan teknisi yang paham mengenai teknologi, mengganti sarana yang rusak dengan membeli baru menggunakan dana BOS (Bantuan Oprasional Sekolah), mengajukan proposal kepada dinas terkait seperti dinas pendidikan, melengkapi peralatan olahraga yang kurang, mengadakan jaringan internet (wifi) disekolah, membeli sarana belajar yang rusak menggunakan dana sekolah, memperbaiki jendela yang pecah menggunakan dana sekolah, melakukan simulasi AKM pada siswa kelas VIII pada prangkat komputer/laptop dan melaksanakan gotong royong seluruh warga sekolah dalam lingkungan sekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Facilities and Infrastructure, Learning Process |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 04 Jun 2021 01:59 |
Last Modified: | 04 Jun 2021 01:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49295 |
Actions (login required)
View Item |