Nurisda Yanti (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 TANJUNG BUNGO KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (77kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS pada materi jenis- jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SDN 006 Tanjung Bungo Kecamatan Kampar timur Kabupaten Kampar melalui penggunaan model pembelajaran terpadu tipe Webbed. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pelajaran IPS, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga nilai yang diperoleh siswa dibawah KKM yang sudah ditetapkan sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS pada materi jenis- jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SDN 006 Tanjung Bungo Kecamatan Kampar timur Kabupaten Kampar melalui penggunaan model pembelajaran terpadu tipe Webbed. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/ persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan ke siklus I dan ke siklus II. sebelum penerapan model pembelajaran terpadu tipe Webbed, hasil belajar siswa diperoleh persentase 56%. Kemudian berdasarkan hasil tes pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat hasil belajar siswa mencapai dengan persentase 72%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa diperoleh angka 88%. hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran terpadu tipe Webbed, dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 006 Tanjung Bungo Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 17 May 2016 03:46 |
Last Modified: | 17 May 2016 03:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4929 |
Actions (login required)
View Item |