Dewi Nur Imaniyah (2011) PEMBINAAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU HONOR OLEH KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH AL IHSAN BULUH RAMPAI KECAMATAN SEBERIDA KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011693.pdf Download (453kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan profesional guru sangat perlu dibina, terlebih lagi terhadap guru yang berlatar belakang pendidikan yang bukan keguruan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pembinaan kemampuan profesional guru honor oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Buluh Rampai kecamatan Seberida kabupaten Indragiri Hulu serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan kemampuan profesional guru honor oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Buluh Rampai kecamatan Seberida kabupaten Indragiri Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Buluh Rampai kecamatan Seberida kabupaten Indragiri Hulu dan guru-guru yang berstatus honor. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pembinaan kemampuan profesional guru honor oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Buluh Rampai kecamatan Seberida kabupaten Indragiri Hulu dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembinaan kemampuan profesional guru honor oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Buluh Rampai kecamatan Seberida kabupaten Indragiri Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah satu orang Kepala Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Buluh Rampai kecamatan Seberida kabupaten Indragiri Hulu dan guru honor yang berjumlah 30 orang. Mengingat jumlah populasi tidak terlalu besar, maka penulis tidak mengadakan penarikan sampel. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, angket, dan observasi. Sedangkan teknik analisa datanya menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif dengan persentase. Setelah dilakukan analisa maka dapat disimpulkan bahwa pembinaan kemampuan profesional guru honor oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Buluh Rampai kecamatan Seberida kabupaten Indragiri Hulu termasuk kategori baik, dengan persentase 76,59 %. Baiknya pembinaan tersebut tidak terlepas dari beberapa faktor pendukung, yaitu a. kemampuan kepala madrasah yang cukup baik b. objektifitasnya kepala madrasah dalam melakukan pembinaan c. adanya kesejawatan atau saling terbuka dan percaya d. adanya pengakuan dan penghargaan yang dilakukan kepala madrasah terhadap para guru-gurunya. Namun demikian masih ditemukan beberapa faktor yang dapat menjadi penghambat dalam pembinaan kemampuan profesional guru honor oleh Kepala Madrasah, yaitu: a. terbatasnya dana b. belum adanya sarana khusus bagi peningkatan kemampuan profesional guru honor.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 08:47 |
Last Modified: | 07 Jan 2016 08:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/491 |
Actions (login required)
View Item |