Ryan Edi Saputra (2014) ANALISIS KEBIJAKAN REDAKSI DALAM PENENTUAN HEADLINE HALAMAN UTAMA PADA SURAT KABAR PEKANBARU POS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (43kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Penerbitan pers khususnya surat kabar Pekanbaru Pos, hampir semuanya menyediakan kolom atau rubrik untuk berita, dan yang menjadi perhatian adalah pada rubrik utama atau halaman utama pada surat kabar Pekanbaru Pos. Hal ini merupakan perwujudan dari institusi pers sebagai lembaga kontrol sosial. Berita dalam penerbitan pers dapat berasal dari masyarakat luas dan wartawan yang meliput dan membuatnya. Kebijakan redaksional itu penting untuk menyikapi suatu peristiwa, karena dalam dunia pemberitaan yang penting bukan saja beritanya, tetapi juga nilai jual dan sikap terhadap berita itu sendiri. Kalau suatu media massa tidak memiliki kebijakan redaksi, maka dipastikan beritanya tidak akan konsisten, karena ia tidak mempunyai pendirian dalam memberitakan atau menuliskan suatu peristiwa, khususnya untuk dijadikan headline atau judul berita pada halaman utama. Dengan demikian, berdasarkan kebijakan redaksi surat kabar Pekanbaru Pos, bahwa headline atau judul berita yang layak dimuat pada halaman utama harus mememiliki news value (nilai berita), karena bagus tidaknya sebuah headline tergantung dari nilai berita. Headline atau judul berita ditentukan melalui rapat redaksi. Walaupun demikian, dalam hal ini yang berhak untuk menentukan headline halaman utama adalah pimpinan redaksi dan redaktur pelaksana sekaligus redaktur halaman utama. Adapun metode penelitian yang peneliti gunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Yaitu peneliti melaporkan data dengan menerangkan dan memberi gambaran mengenai data yang terkumpul secara apa adanya dan kemudian penulis simpulkan. Dengan bantuan observasi dan wawancara yang penulis lakukan dengan pihak redaksi, bahwa setelah headline halaman utama telah didapatkan melalui tahap rapat redaksi, selanjutnya pimpinan redaksi bersama redaktur pelaksana mempertimbangkan headline atau judul berita halaman utama dengan didasarkan pada aspek komersial, artinya headline yang ditentukan harus memiliki nilai jual dipasaran, hal ini guna mendongkrak oplah dan pendapatan surat kabar Pekanbaru Pos. Jika headline menarik dan memiliki nilai yang lebih dari berita-berita lainnya tentu saja koran akan laku di pasaran. Dapat disimpulkan bahwa kebijakan redaksi surat kabar Pekanbaru Pos dalam menentukan headline atau judul berita halaman utama, judul berita yang layak muat pada halaman utama apabila berita tersebut memiliki nilai berita atau news value yang memiliki nilai komersial atau nilai jual di pasaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 16 May 2016 04:49 |
Last Modified: | 16 May 2016 04:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4898 |
Actions (login required)
View Item |