Regina Candra Ningrum (2011) PENGENDALIAN TUGAS GURU OLEH KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH MATHLABUL ULUM KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011635.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tugas guru sangat kompleks, khusunya tugas guru dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya pengendalian dari kepala madrasah agar tugas yang dilaksanakan guru tetap sesuai pada tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Pengendalian Tugas Guru oleh kepala Madrasah Tsanawiyah Mathlabul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dan faktor faktor yang mendukung dan menghambat Pengendalian Tugas Guru oleh kepala Madrasah Tsanawiyah Mathlabul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah di Madrasah Tsanawiyah Mathlabul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dan subjek pendukungnya adalah seluruh tenaga pengajar yang berada di Madrasah Tsanawiyah Mathlabul Ulum Kecamatan Tapung. Sedangkan objeknya adalah “Pengendalian Tugas Guru oleh kepala Madrasah Tsanawiyah Mathlabul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar”. Populasi dari penelitian ini adalah berjumlah 12 orang dan penelitian ini tidak menggunakan sampel karena kecilnya jumlah populasi. Teknik pengumpulan dalam penyaringan data dilakukan dengan cara wawancara kepada kepala sekolah untuk memperoleh data tentang pengendalian tugas guru dan fakor-faktor yang mendukung dan menghambat dan wawancara juga dilakukan kepada guru-guru. Analisa data yang digunakan adalah data deskriptif kualitatif yang menunjukkan bahwa data Pengendalian Tugas Guru oleh kepala Madrasah Tsanawiyah Mathlabul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dapat dikategorikan “Cukup Optimal” yaitu dengan persentase 61,5 % yang terdapat pada rentang 51%-75%. Faktor yang mendukung cukup optimalnya Pengendalian Tugas Guru oleh kepala Madrasah Tsanawiyah Mathlabul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yaitu: (1) Latar belakang pendidikan kepala madrasah adalah S1 Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN SUSkA RIAU Pekanbaru, (2) Lamanya pengalaman kepala madrasah menjabat menjadi kepala madrasah di MTs Mathalabul Ulum, yaitu sejak tahun 2004, (3) Latar belakang pendidikan guru-guru rata-rata tamatan S1, walaupun tidak semua dari S1 pendidikan, sedangkan yang faktor yang menghambat yaitu: (1) Kerjasama kepala madrasah dengan guru-guru kurang begitu baik, karena kebanyakan guru yang mengajar merupakan guru senior. Mereka menganggap pengalaman mereka lebih banyak dari pada kepala madrasah. Akibatnya, guru kurang peduli terhadap kepala madrasah. Hal ini dapat mempengaruhi sikap dan perilaku guru dalam melaksanakan tugasnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 08:47 |
Last Modified: | 07 Jan 2016 08:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/488 |
Actions (login required)
View Item |