NURUL ULFA HASANAH, - (2021) STRATEGI PEMASARAN PADA PEDAGANG PAKAIAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PASAR RAKYAT RENGAT DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurul Ulfa Hasanah (2021): Strategi Pemasaran pada Pedagang Pakaian Selama Pandemi Covid 19 di Pasar Rakyat Rengat Ditinjau menurut Ekonomi Syariah. Strategi pemasaran merupakan rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Yang mana jika strategi yang diterapkan tepat, maka keuntungan mengalami peningkatan yang maksimal. Berdasarkan data perekonomian, pada masa pandemi Covid-19 perekonomian masyarakat mengalami penurunan, maka dari itu pedagang harus mengatur strategi pemasaran agar dapat bersaing dengan pedagang lain, dan dapat memasarkan dagangan secara profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang pakaian di pasar rakyat Rengat selama pandemi Covid-19 ini dan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pemasarannya serta mengetahui tinjauan Ekonomi syariah terhadap pemasaran yang pedagang lakukan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah pedagang pakaian di pasar rakyat Rengat dengan populasi 75 orang pedagang, dengan teknik pengambilan sampel yaitu metode total sampling. Pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik Analisis datanya bersifat Deskriptif-Kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang selama masa pandemi Covid-19 yaitu dilihat dari 7P, dari strategi produk dengan menjual barang yang berkualitas dan sesuai dengan trend terkini, strategi harga yaitu mereka menawarkan harga yang sesuai dengan kualitas barang, dan juga mempromosikan dengan sistem penjualan pribadi, dari strategi tempat pasar rakyat sebagai tempat yang strategis dalam menjalankan usaha, dari segi strategi proses selama berdagang, yaitu selalu mematuhi protocol kesehatan, dan strategi tampilan fisik merela selalu memperhatikan tampilan toko mereka masing-masing. Namun dalam menjalan strategi tersebut terdapat faktor pendukung yaitu walaupun masa pandemi Covid-19 ini pedagang tetap meningkatkan strategi pemasarannya sehingga konsumen merasakan kepuasan terhadap barang yang mereka inginkan, karena langsung melihat barang secara langsung serta lokasinya yang strategis. Namun faktor pengahambatnya yaitu kurangnya pemahaman terhadap perkembangan teknologi. Maka dari itu ditinjau menurut ekonomi syariah bahwa setiap transaksi jual beli haruslah selalu bersikap adil dan jujur selama traksaksi jual beli. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pedagang, Ekonomi Syariah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 25 May 2021 03:18 |
Last Modified: | 25 May 2021 03:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48744 |
Actions (login required)
View Item |