Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 DiSekolah Dasar Babussalam Pekanbaru.

Handika Ilsa, - (2021) Pengaruh Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 DiSekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Handika Ilsa, (2021): Pengaruh Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 DiSekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh yang signifikan antara Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru dan siswa SD Babusalam Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Sedangkan teknikanalisis data yaitu uji pengaruh dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan kemampuan teknologi informasi komputer guru SD Babusaalam Pekanbaru dengan nilai rata-rata 3,05 pada tingkat pencapian 61,06% berada di ketegori baik, Jika dilihat setiap aspek maka aspek ketrampilan pengoperasian komputer dengan nilai rata-rata 3,84 pada tingkat pencapian 76,88% berada di ketegori baik, aspek ketrampilan software aplikasi dengan nilai rata-rata 3,21 pada tingkat pencapian 64,19% berada di ketegori baik, aspek keterampilan internet dengan nilai rata-rata 3,09 pada tingkat pencapian 61,88% berada di ketegori baik dan Aspek keterampilan website dengan nilai rata-rata 3,61 pada tingkat pencapian 72,19% berada di ketegori baik. Selanjutnya rata-rata kelas hasil belajar siswa selama 2 semester terakhir saat pandemi covid 19 berfluktuasi dengan nilai rata-rata kelas terendah 86,6 dan tertinggi 94,20 atau jika dirata-rata kan dengan skala 1 sampai dengan 4 maka nilai terendah 2,40 dan nilai rata-rata kelas tertinggi 3,91. Hasil belajar dari semester genap tahun ajaran 2019/2020 ke semester ganjil 2020/2021 berfluktuasi ada yang mengalami kenaikan dan ada yang mengalami penurunan. Pada hasil pengujian statistik menunjukan hubungan yang relatif lemah antara kompetensi teknologi komputer guru terhadap hasil belajar siswa SD Babussalam Pekanbaru selama masa pandemi covid 19 yakni hanya sebesar 0,007 atau 0,7%. Dan jika dilihat dari pengaruhnya disimpulkan tidak signifikan. Kata Kunci: Kompetensi Teknologi Informasi, Komunikasi Guru, dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 May 2021 03:06
Last Modified: 25 May 2021 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48690

Actions (login required)

View Item View Item