DJEPRIN E. HULAWA, - (2021) LITERASI ABAD 21 DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KOMPETENSI DAN KUALITAS KARAKTER PESERTA DIDIK. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
DISERTASI DJEPRIN E. HULAWA.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Djeprin E. Hulawa, (2021): Literasi Abad 21 Dalam Perspektif Islam dan Implikasinya terhadap Pembentukan Kompetensi dan Kualitas Karakter Peserta Didik Penelitian ini membahas tentang konsep literasi abad 21 dalam perspektif Islam dan implikasinya terhadap pembentukan kompetensi dan kualitas karakter Peserta Didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesadaran kaum Muslimin terhadap literasi, kompetensi dan kualitas karakter yang menyebabkan terpuruknya peringkat peserta didik dalam percaturan global berdasarkan assesment PISA. Di sisi lain, perkembangan zaman dan kehadiran era idustri 4.0 nyaris merubah seluruh tatanan kehidupan manusia. Fenomena disrupsi telah menyebabkan banyak orang mengalami split, pesimistis, individualistis, konsumeristis, materialistis, hedonistis dan dehumanisasi. Di saat itu agama harus menjadi tameng atas berbagai kerusakan yang terjadi. Literasi, kompetensi dan karakter sesungguhnya merupakan elemen yang paling substansial dalam ajaran Islam dalam upaya pembentukan manusia unggul (Insan kamil). Dengan latar belakang dimaksud, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rumusan literasi abad ke-21 dalam perspektif Islam dan bagaimana implikasinya terhadap pembentukan kompetensi dan kualitas karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui riset kepustakaan. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis konten melalui tahapan pereduksian data, pendisplayan data, dan penyimpulan data, kemudian disimpulkan sesuai fokus dan tujuan penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pendidikan Islam sangat mendukung upaya pendidikan global dan pemerintah Indonesia dalam peraihan literasi abad ke-21 karena literasi sesungguhnya merupakan kandungan batin Islam. Kedua, Pendidikan Islam memandang 4 jenis literasi dasar paling penting di abad ke-21 terdiri dari literasi bacatulis, sains, finansial dan literasi dakwah. Ketiga, implikasi dari peraihan 4 literasi dasar itu melahirkan 5 jenis kompetensi dan 4 jenis karakter dalam diri peserta didik. Keempat, gabungan literasi, kompetensi dan karakter berdasarkan perspektif Islam membentuk nilai kesempurnaan jati diri manusia. Kelima, implikasi teoritis maupun praktis dalam penelitian ini memberi kekuatan moril bagi kelembagaan Islam untuk mengembangkan pendidikannya yang sesuai dengan dimensi batin Islam dengan tetap mengadaptasi kepentingan peserta didik di masa kini dan akan datang. Kata Kunci: Literasi abad ke-21, Kompetensi dan Kualitas Karakter, Peserta Didik, Perspektif Islam
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 06 May 2021 03:30 |
Last Modified: | 06 May 2021 03:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48617 |
Actions (login required)
View Item |