Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA PADA TEMA MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA MUATAN PELAJARAN PPKN DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 0212 SIHABORGOAN KECAMATAN BARUMUN TENGAH KABUPATEN PADANG LAWAS SUMATERA UTARA

Tin-Tin Nuriah Hati Siregar, - (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA PADA TEMA MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA MUATAN PELAJARAN PPKN DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 0212 SIHABORGOAN KECAMATAN BARUMUN TENGAH KABUPATEN PADANG LAWAS SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)

Abstract

Tin-Tin Nuriah Hati Siregar, (2021): Penerapan Strategi Pembelajaran Point Counterpoint untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa pada Tema Menuju Masyarakat Sejahtera Muatan Pelajaran PPKn di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 0212 Sihaborgoan Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama siswa pada tema menuju masyarakat sejahtera di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 0212 Sihaborgoan Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara. Penelitian ini dilatar-belakangi oleh rendahnya kerja sama siswa pada muatan pelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran point counterpoint dan kerja sama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa strategi pembelajaran point counterpoint dapat meningkatkan kerja sama siswa. Hal ini diketahui sebelum Tindakan diperoleh rata-rata kerja sama siswa hanya mencapai 61,25 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, rata-rata kerja sama siswa meningkat menjadi 69 atau berada pada kategori kurang. Kemudian pada siklus II rata-rata kerja sama siswa terjadi peningkatan menjadi 76,5 atau tergolong cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran point counterpoint dapat meningkatkan kerja sama siswa pada tema menuju masyarakat sejahtera di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 0212 Sihaborgoan Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Point Counterpoint, Kerja Sama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Apr 2021 08:36
Last Modified: 30 Apr 2021 08:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48528

Actions (login required)

View Item View Item