Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PADA PT TUNGGAL MITRA PLANTATION MGE-1 ESTATE.

LATIFAH HANUM, - (2021) ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PADA PT TUNGGAL MITRA PLANTATION MGE-1 ESTATE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img]
Preview
Text
LATIFAH HANUM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT Tunggal Mitra Plantation MGE-1 Estate yang berlokasikan di kecamatan Pujud, kabupaten Rokan Hilir. PT Tunggal Mitra Plantation MGE-1 Estate merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat pengendalian biaya pada PT Tunggal Mitra Plantation MGE-1 Estate, apakah syarat-syarat penerapan akuntansi pertanggungjawaban telah terpenuhi. Metode penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan mengumpulan data-data yang diperoleh dari lapangan, yang kemudian data-data tersebut dapat diteliti dan dianalisis dengan membandingkan teori yang relevan yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas sehingga akhirnya dapat diambil sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peranan akuntansi pertanggungjawaban pada PT Tunggal Mitra Plantation MGE-1 Estate masih belum memadai. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya beberapa masalah, diantaranya masih terdapat selisih atau variance negative pada beberapa departemen biaya yang ada diperusahaan dan kemudian dalam proses pelaporan anggaran dan realisasi perusahaan masih belum membuat adanya pemisah antara biaya terkendali dengan dibiaya tidak terkendali sehingga perusahaan tidak dapat melihat biaya yang dapat dipertanggungjawabkan. Sebaiknya dalam proses penyusunan anggaran perusahan dapat melibatkan partisipasi semua bidang dalam perusahaan, dan melakukan evaluasi dalam laporan anggaran secara periodic untuk terhindar dari adanya penyimpangan. Melalui penelitian ini penulis berharap PT Tunggal Mitra Plantation MGE-1 Estate mengetahui permasalahan yang terjadi di perusahaan dan dapat menjadi bahan perbaikan dalam penerapan akuntansi pertanggungjawaban untuk meningkatan kinerja perusahaan. Kata Kunci: Akuntansi Pertanggungjawaban, Pengendalian Biaya Dan Anggaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 23 Apr 2021 06:59
Last Modified: 23 Apr 2021 06:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48521

Actions (login required)

View Item View Item