Devi Noviyanti (2014) KUALITAS TES PILIHAN GANDA UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (32kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas tes pilihan ganda dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas tes pilihan ganda ujian semester ganjil mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru. Subjek penelitian untuk analisis butir soal secara kualitatif adalah satu eksamplar yang terdiri dari 50 butir soal dan untuk analisis butir soal secara kuantitatif adalah lembar jawaban siswa pada tes semester ganjil tahun pelajaran 2013/ 2014, sedangkan objek penelitian ini adalah kualitas tes pilihan ganda ujian semester ganjil mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan program Anates versi 4.0.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas tes pilihan ganda dari analisis kuantitatif memiliki validitas tinggi (adanya korelasi positif yang signifikan antara skor item dengan skor totalnya); reliabilitas tinggi (r ≥ 0,70); tingkat kesukaran mudah (P > 0,70); daya beda baik (0,40 – 1,00); efektifitas pengecoh efektif (efektif jika minimal dapat mengecoh 5% dari jumlah seluruh peserta tes), dan dari analisis kualitatif sudah sesuai dengan soal standar tetapi perlu perbaikan pada aspek konstruksi. Hasil ini juga diperkuat dengan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas tes pilihan ganda ujian semester ganjil mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas tes pilihan ganda adalah pengembangan tes hasil belajar, kemampuan siswa, dan pengawasan dari guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 13 May 2016 23:42 |
Last Modified: | 13 May 2016 23:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4830 |
Actions (login required)
View Item |