Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGAKUAN PENDAPATAN DAN BEBAN PADA PT. SARANA HIDROLIK ANGKASA (STUDI KASUS PADA PT. SARANA HIDROLIK ANGKASA PEKANBARU)

ANISA MAWATI KHOTIMAH, - (2021) ANALISIS PENGAKUAN PENDAPATAN DAN BEBAN PADA PT. SARANA HIDROLIK ANGKASA (STUDI KASUS PADA PT. SARANA HIDROLIK ANGKASA PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANISA MAWATI KHOTIMAH.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PENGAKUAN PENDAPATAN DAN BEBAN PADA PT. SARANA HIDROLIK ANGKASA PEKANBARU OLEH : ANISA MAWATI KHOTIMAH NIM.11673201905 Penelitian dilakukan pada PT. Sarana Hidrolik Angkasa yang beralamat di Jl. Aur Kuning, Blok I No. 10, Marpoyan Damai, Pekanbaru. Perusahaan ini bergerak dibidang jasa konstruksi dan perdagangan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian penerapan pengakuan pendapatan dan beban yang digunakan pada PT. Sarana Hidrolik Angkasa Pekanbaru dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 34 tentang Kontrak Konstruksi. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Jenis penilitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti melalui 3 tahapan. Tahapan pertama adalah survei pendahuluan, tahapan kedua adalah survei lapangan dan tahapan terakhir adalah teknik dokumentasi. Dalam pengakuan pendapatannya, PT. Sarana Hidrolik Angkasa menggunakan metode persentase penyelesaian. Adapun permasalahan yang ditemui oleh penulis yaitu : 1) uang muka yang diterima perusahaan pada saat proyek akan dimulai dicatat sebagai pendapatan, 2) pada saat pengajuan permohonan pembayaran termin perusahaan melakukan pencatatan tanpa memasukkan akun uang muka dan retensi, 3) perusahaan tidak melakukan cut off(pisah batas) yang berkaitan dengan pengakuan pendapatan berdasarkan kemajuan pekerjaan pada tahun 2017 dan 2018, 4) beban diakui pada saat terjadinya dengan langsung mendebetkan ke harga pokok proyek tanpa mencatatnya sebagai perkiraan Konstruksi dalam Proses. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan pengakuan pendapatan dan beban yang dilakukan oleh PT. Sarana Hidrolik Angkasa Pekanbaru belum sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan No. 34 Tahun 2018 tentang Kontrak Konstruksi. Kata Kunci : Pendapatan, Beban, Persentase Penyelesaian dan PSAK No.34

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 20 Apr 2021 01:53
Last Modified: 20 Apr 2021 01:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48252

Actions (login required)

View Item View Item