Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kabupaten Kampar.

Ade Mustika Andari, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)

Abstract

Ade Mustika Andari, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika melalui model pembelajaran team assisted individualization kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini terlihat dari 15 orang siswa hanya 7 orang siswa yang memiliki kemampuan memahami masalah pada kategori kritis, mengidentifikasi soal dengan membuat model matematika dari soal dengan tepat dan, menggunakan strategi yang tepat dalam menyelesaikan soal, serta membuat kesimpulan dengan tepat dan lengkap. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 15 orang siswa kelas IV D Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa sebelum tindakan 11 orang siswa atau 73% berada pada kategori kurang kritis, 3 orang siswa atau 20% berada pada kategori kritis, dan 1 orang siswa atau 6.6% berada pada kategori cukup kritis. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan model pembelajaran team assisted individualization. Pada siklus I kemampuan berfikir kritis siswa mengalami peningkatan, 6 orang siswa atau 40% berada pada kategori kritis dan 9 orang siswa atau 60% berada pada kategori cukup kritis. Selanjutnya pada siklus II kemampuan berfikir kritis mengalami peningkatan yaitu 8 orang siswa atau 53% berada pada kategori sangat kritis, 4 orang siswa atau 26% berada pada kategori cukup kritis dan 3 orang siswa atau 20% berada pada kategori kritis. Pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa telah mencapai target keberhasilan tindakan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran team assisted individualization dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya. Kata kunci : Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Team Assisted Individualization.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:02
Last Modified: 19 Apr 2021 02:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48180

Actions (login required)

View Item View Item