Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI CALON PENGANTIN TENTANG SAKINAH MAWADDAH WA RAHMAH DALAM PERKAWINAN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN RUMBIO JAYA)

MUHAMMAD IQBAL, - (2021) PERSEPSI CALON PENGANTIN TENTANG SAKINAH MAWADDAH WA RAHMAH DALAM PERKAWINAN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN RUMBIO JAYA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul ” Persepsi Calon Pengantin Tentang Sakinah Mawaddah Wa Rahmah Dalam Perkawinan Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus di Kantor Urusan Agama Kecamatan Rumbio Jaya)”. Penelitian ini dilatar belakangi tentang banyaknya permasalahan keluarga yang di hadapi oleh masyarakat sehingga tujuan berkeluarga yaitu untuk mendambakan keluarga sakinah sulit tercapai, serta ingin mengetahui sejauh mana calon pengantin paham tentang sakinah mawaddah wa rahmah. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi calon pengantin tentang sakinah mawaddah wa rahmah dalam perkawinan, serta bagaimana tinjaun dari hukum Islam terhadap persepsi calon pengantin tentang sakinah mawaddah wa rahmah dalam perkawinan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi calon pengantin tentang sakinah mawaddah wa rahmah dalam perkawinan, serta mengetahui tinjaun dari hukum Islam terhadap persepsi calon pengantin tentang sakinah mawaddah wa rahmah dalam perkawinan. Skripsi ini adalah penelitian lapangan, lokasi penelitian ini berada di KUA Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar, populasi penelitian ini adalah seluruh calon pengantin di KUA Kecamatan Rumbio Jaya sebanyak 20 orang. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi, setelah data terkumpul penulis melakukan analisis data secara deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa. Pertama: sebagian besar calon pengantin telah paham tentang konsep sakinah mawaddah wa rahmah, calon pengantin memahami sakinah sebagai ketenraman, mawaddah sebagai cinta dan rahmah sebagai kasih sayang. Kedua: Tinjauan dari hukum Islam terhadap persepsi calon pengantin tentang sakinah mawaddah wa rahmah telah sesuai dengan QS. Ar-Rum: 21. Hal ini terlihat dari jawaban dari calon pengantin yang memahami sakinah yaitu ketentraman, mawaddah yaitu cinta, dan rahmah yaitu kasih sayang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Apr 2021 07:51
Last Modified: 07 Apr 2021 07:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48177

Actions (login required)

View Item View Item