RIRI ANDRI YANI, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MIN 1 KAMPAR KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
Abstract
Riri Andri Yani, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V MIN 1 Kampar Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kampar Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 16 siswa VB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kampar kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada sebelum tindakan terhadap kemampuan berpikir kritis didapatkan nilai kemampuan berpikir kritis siswa rata-rata mencapai 50,93% dengan ketuntasan klasikal 12,5% dengan kategori kurang. Kemudian dilakukan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, siklus 1 kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi kategori kritis adalah dengan rata-rata 69,5% dan ketuntasan klasikal 37,5%, Pada siklus II mengalami peningkatan terdapat pada kategori sangat kritis 77,93% dan ketuntasan klasikal 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kampar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 06:33 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 06:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47791 |
Actions (login required)
View Item |