Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran The Power of Two untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Sehat Itu Penting di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru .

Putri Novita Sari, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran The Power of Two untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Sehat Itu Penting di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru . Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Novita Sari, (2021): Penerapan Model Pembelajaran The Power of Two untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Sehat Itu Penting di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema sehat itu penting melalui penerapan model pembelajaran The Power of Two kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 16 orang siswa kelas V adapun objeknya adalah model pembelajaran The Power of Two dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian analisis data, penerapan model pembelajaran the power of two terbukti mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sebelum tindakan perbaikan, nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa adalah 58,75 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 62,8 dan masih berada pada kategori kurang. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa meningkat lagi menjadi 76,8 dan sudah berada pada kategori baik. Artinya kemampuan berpikir kritis siswa telah meningkat, dengan demikian disimpulkan bahwa melalui model The Power of Two pada tema sehat itu penting dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dikelas V sekolah dasar Islam terpadu Al-Fityah Pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran The Power Of Two, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Mar 2021 05:18
Last Modified: 30 Mar 2021 05:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47763

Actions (login required)

View Item View Item