Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Know-Want to Know-Learned untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Sungai Tonang Kabupaten Kampar.

Lasmiati, - (2021) Penerapan Strategi Know-Want to Know-Learned untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Sungai Tonang Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lasmiati, (2021) : Penerapan Strategi Know-Want to Know-Learned untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Sungai Tonang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca intensif siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku melalui strategi knowwant to know–learned di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Sungai Tonang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca intensif siswa diantaranya siswa kurang mampu menentukan ide utama dari teks bacaan,siswa kurang mampu menjawab pertanyaan dengan tepat atau berkaitan dengan isi teks, siswa kurang mampu menyatakan pendapat berkaitan dengan isi teks, dan siswa kurang mampu membuat kesimpulan atau menyimpulkan isi bacaan teks dengan benar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 20 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Sungai Tonang Kabupaten Kampar. Objek dalam penelitian ini adalah strategi know-want to know–learned dan membaca intensif siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi know-want to know–learned dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata kemampuan membaca intensif siswa mencapai 57,25 atau berada pada kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan dengan startegi know-want to know–learned pada siklus I, kemampuan membaca intensif siswa sedikit meningkat dengan rata-rata 66,75 atau berada pada kategori kurang. Pada siklus II, kemampuan membaca intensif siswa meningkat dengan rata-rata 70,75 atau berada pada kategori cukup. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui startegi know-want to know–learned pada tema indahnya keragaman di negeriku dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Sungai Tonang Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Know-Want to Know- Learned,Kemampuan Membaca Intensif Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Mar 2021 05:03
Last Modified: 30 Mar 2021 05:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47751

Actions (login required)

View Item View Item