Elviza Regita (2014) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan pembelajaran kooperatif tipe Coop Co-op dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan RME dengan pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan RME dengan pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 1028 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A2 dan VII A3, di mana kelas VII A3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan RME dengan pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dan kelas VII A2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama tujuh kali, yaitu satu kali pertemuan mengadakan pretest, lima kali pertemuan menerapkan pendekatan RME dengan pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dan satu kali mengadakan post-test. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai pemahaman konsep matematika siswa dilakukan uji t. Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana nilai t hitung adalah 2,22 dan nilai ttabel adalah 2,00. Oleh karena itu thitung > ttabel karena 2,22 > 2,00 , sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan RME dengan pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan tersebut dilihat dari mean kelas eksperimen yang lebih tinggi dari mean kelas kontrol menunjukkan bahwa penerapan pendekatan RME dengan pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 11 May 2016 20:28 |
Last Modified: | 11 May 2016 20:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4750 |
Actions (login required)
View Item |