BINA HIDAYATI, - (2021) PENERAPAN STRATEGI DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN DI KELAS VB SDN 002 PAGARAN TAPAH DARUSSALAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV))
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (615kB) |
||
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema udara bersih bagi kesehatan melalui penerapan strategi debat aktif kelas VB SDN 002 Pagaran Tapah Darussalam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis diantaranya siswa kurang mampu menyatakan pendapatnya dengan menggunakan alasan yang logis terkait materi yang disampaikan oleh guru, siswa kurang mau bertanya mengenai materi yang di ajarkan dan kurang mampu menjawab pertanyaan hots dan memberikan argumentasi dengan baik pada saat penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sabjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 26 orang siswa kelas VB SDN 002 Pagaran Tapah Darussalam. Objek dalam penelitian ini adalah strategi Debat Aktif dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan starategi Debat Aktif dapat meningkatkan kemampaun berpikir kritis siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan diperoleh nilai kemampuan berpikir kritis siswa rata-rata mencapai 57,30 dengan ketuntasan klasikal 19,23%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 66,92 dengan ketuntasan klasikal 46,15%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 75,76 dan ketuntasan klasikal 80,76% dengan kategori cukup. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Debat Aktif pada tema udara bersih bagi kesehatan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas VB SDN 002 Pagaran Tapah Darussalam. Kata Kunci : Strategi Debat Aktif, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 07:19 |
Last Modified: | 05 Mar 2021 07:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47468 |
Actions (login required)
View Item |