Dian Maya Sari (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OPCO-OP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 18 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (339kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Pekanbaru antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 18 Pekanbaru semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 268 siswa yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan VII.B sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Kemampuan Berpikir Kritis matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Pekanbaru sebagai variabel terikat dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Dalam penelitian ini, peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Penelitian ini berlangsung selama enam kali pertemuan, yang terdiri atas satu pertemuan untuk mengadakan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dan satu pertemuan untuk mengadakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varians untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Pekanbaru antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dan kelas yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, hal ini terlihat dari uji tes-t di dapat sebesar 4,58 yang lebih besar dari ttable yaitu 2,00.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 11 May 2016 20:15 |
Last Modified: | 11 May 2016 20:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4743 |
Actions (login required)
View Item |