Tatik Nurdiana, - (2021) DETEKSI AWAL DYSLEXIA PADA ANAK MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB IV)
watermark bab 4-5.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text (Dyslexia)
watermark without 4&5.pdf - Published Version Download (12MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dyslexia adalah salah satu gangguan belajar (learning disability) dalam menulis dan berbahasa yang meliputi mengeja, membaca dan menulis yang banyak jumpai diseluruh dunia. Dyslexia harus dikenali sedini mungkin karena dapat memberikan dampak negatif terhadap perkembangan belajar seseorang. Dyslexia sering disalah artikan sebagai kebodohan atau kemalasan anak dalam belajar. Padahal apa yang dialami oleh penderita gangguan Dyslexia bukanlah sebuah kebodohan atau kemalasan. Dalam penelitian tugas akhir ini, peneliti akan merancang sebuah simulasi untuk mendeteksi Dyslexia dengan metode jaringan syaraf tiruan Backpropagation dengan 40 variabel inputan yang terdiri dari 38 pernyataan dan pertanyaan mengenai disleksia, jenis kelamin dan umur. Hasil keluarannya terdiri dari dua kelas yaitu kelas Dyslexia dan tidak Dyslexia. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini yaitu learning rate 0.01, 0.1, 0.2 dan 0.5. Maksimum epoch 1000. Target error 0.001. jumlah neuron hidden layer 40 dan 79. Perbandingan data 70:30, 80:20, 90:10. Akurasi terbaik adalah learning rate 0.5, dengan hasil akurasi sebesar 100%. Dengan demikian, metode Backpropagation dapat di implementasikan untuk mendeteksi Dyslexia. Kata kunci: Backpropagation, Dyslexia, deteksi, disability, Metode
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 03:50 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 03:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46678 |
Actions (login required)
View Item |