Murtini (2014) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (639kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (43kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pengelolaan kelas (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi belajar siswa (variabel terikat/dependen atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh pengeloaan kelas terhadap motivasi belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 188 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 65 orang peneliti menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10% yang diambil secara random sampling. Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statistcal Package For the Social Sciens) versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru, dengan kontribusi pelaksanaan pengeloaan kelas terhadap motivasi belajar siswa adalah rxy = 0,490 lebih besar dari pada rt pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,250<0,490>0,354 dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 10 May 2016 18:52 |
Last Modified: | 10 May 2016 18:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4658 |
Actions (login required)
View Item |