Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RANCANG BANGUN SISTEM PRESENSI PEMINDAI WAJAH MENGGUNAKAN METODE VIOLA-JONES DAN LOCAL BINARY PATTERN DENGAN PUSTAKA OPENCV PYTHON ( STUDI KASUS : PONPES ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR )

EDO HADI PANDOYO, - (2021) RANCANG BANGUN SISTEM PRESENSI PEMINDAI WAJAH MENGGUNAKAN METODE VIOLA-JONES DAN LOCAL BINARY PATTERN DENGAN PUSTAKA OPENCV PYTHON ( STUDI KASUS : PONPES ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN ANALISA)
BAB IV HASIL DAN ANALISA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TA LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Teknologi terus berkembang dengan pesat dan salah satunya yaitu biometrik. Dengan adanya teknologi biometrik ini memungkinkan komputer melakukan deteksi dan mengenali wajah yang dapat digunakan pada sistem presensi. Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar saat ini masih menggunakan sistem presensi manual menggunakan kertas. berdasarkan hasil wawancara dengan ketua Yayasan Pendidikan Islam Abuya Haji Bachtiar Daud yang menaungi pondok pesantren ini, terdapat beberapa kelemahan pada sistem manual menggunakan kertas. kelemahan yang dimaksud tersebut berupa hasil rekapitulasi yang sering salah dan waktu yang dibutuhkan relatif lama. Penelitian ini merancang dan membangun sistem presensi pemindai wajah menggunakan metode Viola-Jones dan Local Binary Pattern dengan pustaka OpenCV Python. Proses presensi dilakukan dengan menghadapkan wajah ke kamera laptop dan hasil nya akan terekapitulasi secara otomatis. Berdasarkan hasil pengujian alat, 5 sampel wajah dapat dideteksi dan dikenali dengan tingkat akurasi 100% dan waktu kurang dari 1 detik serta proses rekapitulasi berjalan secara otomatis. Berdasarkan hasil survey pengujian sistem ke pengguna menggunakan kuesioner, responden setuju bahwa sistem presensi pemindai wajah yang sudah dibuat memiliki kemudahan dalam penggunaan, kepuasan pengguna, dan unpan balik dari sistem tersebut yang terlihat dari skor rata-rata factor Simplicity 91,1%, interactivity 91,8%, dan usability 89,7 dari skala 5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 25 Feb 2021 06:19
Last Modified: 25 Feb 2021 06:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46513

Actions (login required)

View Item View Item