Ratih Dwi Astuti, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN PEMBERIAN PETA KONSEP TERHADAP AKTIVITAS dan HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN TATA NAMA SENYAWA DAN PERSAMAAN REAKSI SEDERHANA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
SKRIPSI RATIH DWI ASTUTI.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Abstrak Ratih Dwi Astuti, (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dengan Pemberian Peta Konsep terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian semu eksperimen, yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa SMA Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Perhentian Marpoyan Pekanbaru (SMA YLPI P. Marpoyan Pekanbaru) yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan pemberian peta konsep terhadap aktivitas dan hasil belajar kimia siswa kelas X1 (X IPA 1) dan X2 (X IPA 2) SMA YLPI P. Marpoyan Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan pretest dan posttest, dengan jumlah populasi sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu kelas X1 (X IPA 1) sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan Pemberian Tugas Peta Konsep dan kelas X2 (X IPA 2) sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sampel dipilih dengan cara simple random sampling (pengambilan secara acak). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal, dokumentasi, observasi, pretest dan posttestsebagai data akhir. Aktivitas belajar kimia peserta didik yang diamati dalam penelitian ini, yaitu: (1) melakukan kegiatan kimiawi seperti melakukan uji coba praktikum kimia dan mengadakan latihan soal kimia; (2) saling bertukar pikiran, bekerja sama, dan berdiskusi; (3) merespon/ menanggapi jawaban peserta didik lain; (4) mempresentasikan jawaban; dan (5) kemampuan membuat kesimpulan. Aktivitas belajar kimia peserta didik meningkat pada setiap pembelajaran mulai dari UH I hingga UH II berimplikasi terhadap hasil belajar kimia peserta didik yang juga terus meningkat. Nilai uji varians menggunakan metode bartlet yaitu 2 hitung < 2 tabel 2 hitung = 5,8 dan 2 tabel = 5,99 dan menunjukkan 2 hitung < 2 tabel, kemudian nilai thitung lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel dan - ttabel (- ttabel < thitung> + ttabel / -2,17< 2,804> 2,17) pada taraf signifikan 5 % dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun besarnya pengaruh diperoleh dari rumus koefisien determinasi (Kp) sebesar 10,8% yang berarti pengaruh model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan Pemberian Tugas Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa berpengaruh sebesar 10,8%. Kata Kunci: kooperatif tipe Numbered Heads Together, hasil belajar, aktivitas, respon.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 06:28 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 06:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46510 |
Actions (login required)
View Item |