Fitri Liani (2014) KORELASI ANTARA MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS SETIA DHARMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (67kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu minat belajar siswa (variabel bebas/independen atau variabel X) dan hasil belajar siswa (variabel dependent/terikat atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Setia Dharma Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Setia Dharma Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah korelasi antara minat dan hasil belajar siswa. Populasinya adalah siswa kelas XI yang berjumlah 108 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 52 orang yang diambil secara random sampling. Pengumpulan data diambil melalui angket, tes tertulis dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statistcal Package For the Social Sciens) versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat dan hasil belajar siswa pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Setia Dharma Pekanbaru, dengan kontribusi minat dengan hasil belajar siswa adalah Antara variabel X dan Variabel Y terdapat korelasi yang kuat atau tinggi dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Di mana rxy = 0,715, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,273 <0,715> 0,354, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. yang berarti minat belajar siswa mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil belajar siswa pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa mata pelajaran ekonomi di kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Setia Dharma Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 10 May 2016 18:30 |
Last Modified: | 10 May 2016 18:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4647 |
Actions (login required)
View Item |