Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEANDALAN SISTEM INSTRUMENTASI BOILER MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE DAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT CRITICALLY ANALYSIS (FCMEA) (STUDI KASUS PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V PKS SEI GALUH)

JEFRI, - (2020) ANALISIS KEANDALAN SISTEM INSTRUMENTASI BOILER MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE DAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT CRITICALLY ANALYSIS (FCMEA) (STUDI KASUS PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V PKS SEI GALUH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR JEFRI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengolahan Tandan Buah Segar (TBS) menjadi Crude Pump Oil (CPO) merupakan suatu proses ekstraksi minyak kelapa sawit yang dilakukan PT. Perkebunan Nusantara V PKS Sei Galuh. Kegiatan pengolahan TBS dengan kapasitas terpasang 30 ton TBS per jam berlangsung selama 24 jam per harinya. Dengan beban kinerja yang begitu panjang aktivitas pengolahan sering mengalami hambatan yang disebabkan oleh gagalnya mesin produksi steam dalam menjalankan fungsinyahingga menyebabkan menurun hasil pengolahan pada pabrik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisa instrumentasi boiler dan perawatan bagi komponen yang mengalami kegagalan terutama komponen kritis . Dari hasil analisa kedua boiler yaitu boiler no 1 didapat hasil nilai keandalan sebesar 99,99% dan pada boiler no 2 di dapatkan hasil sebesar 99,99%. Dari hasil analisa MTTF dapat deiketahui waktu operasi semua komponen yang dapat menyebabkan kerusakan yang paling sering terjadi pada boiler no 1 adalah komponen water level gauge dengan nilai MTTF sebesar 6352 dengan dengan 4 kali mengalami kegagalan, maka jadwal perawatannya setiap 265 hari kerja., sedangkan pada boiler no 2 yang sering terjadi kegagalan terdapat pada komponen main steam valve dengan didapatkan nilai MTTF sebesar 4937 dengan kegagalan sebanyak 7 kali, maka jadwal perawatannya dilakukan setiap 206 hari kerja. Kata Kunci : Boiler, FMEA, RCM, FMECA, serta keandalan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 24 Feb 2021 15:34
Last Modified: 24 Feb 2021 15:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46456

Actions (login required)

View Item View Item