Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA MADRASAH TSANA WIYAH NEGERI RAMBAH

PUTRI NOVIANTI, - (2021) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA MADRASAH TSANA WIYAH NEGERI RAMBAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV revisi ujian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Novianti, (2021): Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Rambah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Rambah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Rambah tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik random sampling, terpilih kelas VII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two factorial design). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Konstruktivisme terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil nya di peroleh bahwa t_hitung≥t_tabel pada taraf signifikan 5% diperoleh 3,75≥1,998. Dan terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, memperlihatkan nilai Fh yang diperoleh adalah 4,08 dengan Ft 3,14. Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan H0 ditolak, artinya terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa. Dengan kata lain pemecahan masalah matematis siswa karena pengaruh pendekatan pembelajaran bergantung pada peringkat KAM siswa, dan pemecahan masalah matematis siswa karena pengaruh peringkat KAM bergantung pada penggunaan pendekatan pembelajaran. Dengan demikian secara umum pendekatan pembelajaran konstruktivisme berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Rambah. Kata Kunci: Konstruktivisme, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Feb 2021 08:27
Last Modified: 24 Feb 2021 08:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46389

Actions (login required)

View Item View Item