Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PEMBERIAN HUKUM DALAM PENDIDIDKAN DI PONDOK PESANTREN KOTA PEKANBARU

RAHMAT WAHYUDIN, RW (2021) EFEKTIVITAS PEMBERIAN HUKUM DALAM PENDIDIDKAN DI PONDOK PESANTREN KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
TESIS RAHMAT WAHYUDIN bab 1-5.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
rahmat bab IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Efektivitas Pemberian Hukuman dalam Pendidikan di Pondok Pesantren Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Guru bagian kesantrian, Ri‟ayah, atau Majelis pembina santri TP. 2019-2020 Pondok Pesantren di Kota Pekanbaru yang sudah berusia di atas 25 tahun yang berjumlah 45 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Proportional random sampling. Besar sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, data yang terumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pemberian hukuman bagi santri yang melanggar dalam mengikuti pendidikan di Pondok Pesantren Kota Pekanbaru tergolong sangat efektif. Hal ini dilihat dari persentase masing-masing aspek. Pada aspek pendahuluan menunjukkan rata-rata sebesar 93,33% dengan kategori sangat efektif. Pada aspek pelaksanaan menunjukkan rata-rata sebesar 87,67% dengan kategori sangat efektif. Pada aspek evaluasi menunjukkan rata-rata sebesar 88,22% dengan kategori sangat efektif. Secara keseluruhan Pemberian Hukuman dalam Pendidikan Pondok Pesantren di Kota Pekanbaru memperoleh skor persentase sebesar 89,67% dengan kategori sangat efektif. Kemudian penelitian ini juga mengetahui bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kefektivan dalam pemberian hukuman dalam pendidikan di Pondok Pesantren Kota Pekanbaru. Faktor tersebut terdiri dari faktor pendukung dan penghambat. Hal-hal yang termasuk faktor pendukung adalah kedisiplinan, sarana, adanya aturan, adanya buku pedoman dalam aturan di pesantren, kerjasama, dukungan dari guru, kesadaran, adanya ruang bimbingan, dan mendidik. Hal-hla yang termasuk dalam faktor penghambat adalah kurangnya kesadaran diri, kelalaian pihak pengasuh, adanya pilih kasih antara pengurus dan anggota, protes dari orang tua, kurang tegas, pembelaan dari pihak bersalah, ketidakdisiplinan, jadwal pemberian hukuman tidak menentu, santrinya susah diatur, kurangnya sarana penghukuman, kurangnya perhatian guru, dan waktu pemberian hukuman yang tidak melihat situasi dan kondisi, seperti masa pandemi tetap diberi hukuman. Dapat disimpulkan bahwa pemberian hukuman dalam pendidikan di Pondok Pesantren Kota Pekanbaru dapat dilakukan secara efektif dengan memperhatian aspek pendahuluan, pelaksanaan, dan evaluasi serta mengurangi faktor-faktor penghambat terlaksananya pemberian hukuman agar terlaksana secara efektif

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 25 Feb 2021 07:29
Last Modified: 25 Feb 2021 07:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46342

Actions (login required)

View Item View Item